Kabarnasional.Net, Jakarta - Maskapai bujet AirAsia
menarik penjualan secara permanen dari online travel agent Traveloka. Inilah
alasannya. Dalam
keterangan tertulis yang diterima detikTravel dari AirAsia Indonesia, Senin
(4/3/2019) maskapai bujet yang banyak mengoperasikan rute di Indonesia tersebut
sudah menarik penjualan melalui OTA Traveloka. Keputusan tersebut dilakukan di
semua rute, secara permanen.
Kebijakan
ini dilakukan AirAsia karena sebelumnya, penjualan tiket maskapai tersebut
hilang secara misterius selama dua minggu terakhir. Hal ini, dianggap AirAsia
sebagai sikap diskriminatif dari Traveloka.
"Hilangnya penerbangan kami tentunya
mencederai kerja sama antara AirAsia dan Traveloka. Pihak Traveloka seperti
tidak menunjukkan itikad baik. Traveloka menolak memberikan penjelasan resmi
meskipun sebelumnya kami telah beberapa kali mencoba meminta klarifikasi,"
ujar Direktur Utama AirAsia Indonesia Dendy Kurniawan secara tertulis.
Hal
ini, tambah Dendy, juga dipicu oleh beberapa keluhan pelanggan di media sosial
akan tiket maskapai AirAsia yang sulit ditemukan di Traveloka.
"Peniadaan
beberapa penerbangan AirAsia Indonesia oleh Traveloka menunjukkan dengan jelas
sikap diskriminatif dan berat sebelah. Kami mengamati pesan-pesan di media
sosial yang disampaikan pelanggan tentang ketidaktersediaan tiket AirAsia
justru direspons dengan rekomendasi dari Traveloka untuk memesan tiket maskapai
lain. Oleh karena itu, sebagai bentuk solidaritas, AirAsia secara grup menarik
penjualan seluruh tiket AirAsia dari Traveloka efektif mulai saat ini,"
tambahnya.
Awalnya,
kejadian penjualan AirAsia yang hilang terjadi pada 14-17 Februari 2019 lalu.
Pada rentang waktu tersebut, tepatnya 16 Februari 2019, bersamaan dengan masa
peningkatan taraf (upgrade) sistem pemesanan yang berlangsung selama 13 jam.
Kemudian,
pihak Traveloka merujuk waktu 13 jam tersebut sebagai alasan hilangnya
penerbangan di platform penjualan mereka. Namun, hal ini kembali terjadi pada 2
Maret 2019.
"Kompetisi
seharusnya bebas dan adil sehingga konsumen dapat diuntungkan dengan adanya
penawaran yang lebih baik. Jangan sampai monopoli membunuh kompetisi dan
membuat para traveler menjadi dirugikan," tambah Dendy.
Pihak
AirAsia juga mengimbau bagi pelanggan yang sudah membeli tiket melalui aplikasi
Traveloka dan ingin menambah bagasi dapat melalui situs resminya. Jika traveler
ingin membeli tiket maskapai Air Asia, pihak perusahaan juga mengimbau untuk
memesan melalui situs resmi atau aplikasi mobile.
Sumber: Detik.com
Sumber: Detik.com
No comments:
Post a Comment